Sejarah Serunya

Serunya Screenwriting didirikan oleh Perdana Kartawiyudha pada 2 April 2007 dengan nama “Klub Penulisan Skenario”. Acara pertama dilaksanakan secara lesehan di pelataran Graha Bhakti Budaya, TIM, Jakarta, Awalnya kegiatan ini dimaksudkan sebagai tempat bertemu para pecinta penulisan skenario. Kegiatan pun dilaksanakan setiap dua minggu.


Tiga bulan kemudian, Minan Ali, seorang peserta yang merasa kesulitan untuk mengikuti pertemuan tatap muka, mengajukan diri untuk menyelenggarakan pertemuan skenario secara online supaya kegiatan ini juga bisa diikuti oleh peserta dari luar Jakarta. Pertemuan pun berselang-seling antara tatap muka dan online.

Oktober 2007, Para pengurus aktif (Pidi dan Sarah di Jakarta, Ibenk di Bandung, dan Vidya Prawitasari di Surabaya) pun kemudian mengubah format komunitas menjadi organisasi penyelenggara acara skenario dengan nama Serunya Scriptwriting Playgroup. Kami ingin menjadikan skenario sebagai kegiatan yang menyenangkan sehingga kami menjalankan konsep playgroup. Legalitas dari institusi ini pun mulai dibuat dalam bentuk CV.


November 2007, Vivian Idris yang saat itu menjadi Marketing dari toko buku (ak.sa.ra) memberi kami tempat di tokonya di Kemang sebagai tempat kegiatan tatap muka kami. Kami pun mengembangkan acara dengan menyelenggarakan kegiatan diluar, seperti di kebun binatang Ragunan atau bahkan di Bandung.

Juli 2008, kami pindah tempat pelaksanaan tatap muka di CCF Jakarta (Salemba) atas dukungan dari tim CCF Jakarta terutama Dimas Jayasrana. Setiap bulan selama hampir satu tahun kami melaksanakan acara tatap muka di CCF dengan berbagai macam tema dan mengundang begitu banyak bintang tamu. Peserta pun semakin hari semakin bertambah.


Sejak Juni 2009, kami mengubah format organisasi menjadi institusi pendidikan non formal skenario yang kami sebut Serunya Scriptwriting. Institusi ini menyelenggarakan pelatihan skenario secara rutin dengan pengajar para profesional terbaik dari bidang skenario. Serunya Scriptwriting pun mulai melaksanakan aktifitas kerja serta belajar mengajar di STC Senayan lantai 4 nomor 1002 Jakarta.

Sejak Januari 2010, kami pun meluncurkan begitu banyak program baru seperti konsultasi, seminar, community dan menjalin kerjasama dengan begitu banyak institusi, seperti CAM Solutions, Goelali Foundation, dan Cinemags. Serunya Scriptwriting tidak hanya menjadi institusi pendidikan non formal skenario tetapi kami melebarkan jangkauan menjadi Pusat Pelatihan dan Pengembangan Skenario.

:: Serunya Screenwriting ::