Serunya ScreenwritingProgram→Consultancy

Consultancy


Serunya Screenwriting menawarkan klinik konsultasi skenario bagi penulis skenario profesional maupun pemula. Penulis skenario bisa menentukan sendiri dengan siapa dan berapa kali dia ingin bertemu dengan konsultan. Serunya Screenwriting akan membantu penulis skenario mengatur jadwal dan menyiapkan keperluan konsultasi.

Metode
Metode Konsultasi

Setiap konsultan mempunyai metodenya masing-masing dalam membantu partisipan mengembangkan skenarionya, seperti

  • memberi masukan langsung dengan cara berdiskusi,
  • memberi rekomendasi buku, film, atau subyek tertentu sebagai bahan riset,
  • memberikan tugas-tugas kecil (seperti membuat latar belakang karakter, premis, pernyataan sikap, dll) untuk menguatkan konten cerita.
  • Metode khusus yang dibuat konsultan menyesuaikan kebutuhan cerita penulis skenario

Konsultan
Pilihan Konsultan:

1. Salman Aristo

Selain sebagai penulis skenario, Salman Aristo juga merupakan story consultant sejumlah film popular antara lain 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta, Emak Ingin Naik Haji dan Project Mestakung. Hal ini bermula dari kebiasaannya sebagai penulis bekerjasama dengan International Story Consultant seperti Tom Abrams dan Miguel Machalski untuk beberapa film yang dikerjakannya.

2. Titien Wattimena

Jika anda punya project film drama, Titien Wattimena adalah tempat yang tepat untuk diajak bertukar pikiran dan meminta masukan. Banyak hal-hal menarik dan tak terduga diusulkannya yang bisa membuat cerita anda jadi lebih dramatsis lagi.

3. Rayya Makarim

Lulusan S2 Inggris ini bisa dibilang perfeksionis. Dia akan mengoreksi dan memberi masukan terhadap cerita anda secara mendetil sehingga kemudian bisa dihasilkan sebuah cerita yang solid. Karya-karyanya antara lain Pasir Berbisik, Rumah ke-7, Banyu Biru dan Jermal.

4.Ve Handojo

Film-film yang ditulisnya sangat kental dengan gaya Hollywood. Oleh sebab itu sejumlah PH, seperti MVP Pictures dan Screenplay Productions pernah memperyainya menjadi script editor dengan tugas menyeleksi dan memberi masukan terhadap proyek di kerjakan PH tersebut.

5. Dennis Adishwara

Dia mengawali karirnya saat duduk di bangku SMA dengan membuat film pendek. Selanjutnya kita mengenalnya sebagai pemain film. Belakangan Dennis sibuk dengan aktifitas barunya sebagai produser di sebuah PH.

6. Perdana Kartawiyudha

Dialah yang mendesain kurikulum di Serunya Screenwriting berdasarkan pengalamannya kuliah di IKJ dan studi banding industri film di Inggris dan Prancis. Perdana sejak kuliah telah menjadi asisten dosen dan saat lulus menjadi pengajar. Film Pendek yang pernah ditulis atau disutradarainya telah ditonton jutaan pasang mata, di festival film nasional maupun internasional.

7. Melody Muchransyah

Puluhan FTV dan Serial telah ditulisnya sejak dia masih duduk di bangku kuliah hingga kini menempuh pendidikan S2. Sejumlah muridnya di kelas skenario Serunya telah menjadi penulis profesional

8. Luvie Melati

Head Creative dari Serunya Screenwriting agency ini telah lebih dari 5 tahun berkecimpung di industri televisi tanah air sebagai penulis skenario. Sebagai Head Creative, Luvie bertugas untuk memilih dan memberi masukan terhadap semua cerita yang sedang ditangani Serunya Screenwriting.

9. Jujur Prananto

Nama dan karyanya sudah terkenal luas. Sebut saja Ada Apa dengan Cinta?, Petualangan Sherina, dan yang terbaru Bumi Manusia. Dia adalah alumni yang juga seorang di dosen skenario di IKJ

Prosedur
Prosedur Konsultasi

  1. Penulis Skenario melengkapi syarat administratif, antara lain ( a) mendaftar ke sini (klik untuk daftar), ( b ) menyerahkan materi konsultasi(cerita/skenario), serta ( c)  transfer investasi konsultasi.
  2. Serunya Screenwriting mengatur agenda pertemuan antara penulis skenario dan konsultan
  3. Penulis Skenario bertemu Konsultan untuk mendiskusikan materi konsultasi

Investasi

  • Paket 1 sesi : Rp. 1.500.000
  • Paket 3 sesi : Rp  3.000.000
  • Paket 5 sesi : Rp  4.500.000

Setiap sesi hanya membahas 1 project dan durasi maksimal 2 jam. Sesi pertama adalah pembahasan sinopsis/storyline (karenanya, usahakan sinopsis sudah detil). Materi konsultasi terbatas pada konten skenario yang didaftarkan. Penulis Skenario mengikuti jadwal konsultan.

Rekomendasi

Alasan mengapa perlu konsultasi cerita/skenario?

  1. Bahwa untuk memperbesar kemungkinan cerita di terima oleh PH atau produser, penulis (terutama pemula) butuh sentuhan professional yang ahli dibidangnya untuk membaca dan memberi masukan terhadap ceritanya. Karena cerita yang dicari PH biasanya tidak hanya bagus, tetapi juga mampu mengakomodasi kebutuhan PH.
  2. Bahwa selalu saja ada celah kesalahan yang kadang tidak disadari ketika berlangsungnya proses kreatif. Bahwa kadang penulis menemui kebuntuan ide.
  3. Di negara yang industri filmnya sudah stabil, kesadaran ini telah dimiliki oleh praktisi film sehingga dalam proses pengembangan skenario mereka melibatkan seseorang atau beberapa konsultan skenario.

:: Serunya Screenwriting ::